Friday 3 May 2013

Dugal dan Degil Aksi Remaja Ibukota


Aksi tidak pantas kerapkali sudah dilakukan oleh remaja ibukota Jakarta. Bagaimana tidak, remaja di ibukota sekarang banyak berprilaku dugal (nakal/kurang ajar) dan degil (keras kepala).

Seakan tak heran kita membaca berita di media, remaja di Jakarta berbuat mesum dan aksi kriminalitas lainnya. Jakarta yang setiap tahun terus bertambah penduduknya akibat urbanisasi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat, membuat masalah yang dihadapi di Jakarta juga semakin banyak, termasuk perilaku remaja yang merajalela.

Banyak penyebab yang mengakibatkan aksi remaja menjadi dugal atau/dan degil. Pertama, kurang maksimal pendidikan agama dan pendidikan moral yang didapatkan remaja ibukota. Hal ini bisa jadi akibat keluarga yang kurang peduli terhadap pendidikan anaknya ataupun distribusi pendidikan dari pemerintah mungkin belum maksimal.

Kedua, faktor ekonomi keluarga, ekonomi keluarga yang lemah bisa menjadi sebab remaja melakukan tindakan kriminalitas. Sehingga banyak mereka yang melakukan pencurian, perampokan dan tindakan kejahatan lainnya. Selain itu keluarga kaya, yang orang tuanya sibuk dengan aktifitas sendiri dan kurang peduli terhadap anaknya juga menjadikan anak keras kepala dan berprilaku semena-mena.

Selain dua faktor tersebut, faktor ketiga yaitu faktor keluarga itu sendiri, dua faktor diatas telah disinggung juga kaitannya antara keluarga dengan aksi anaknya (remaja). Keluarga sangatlah bertanggung jawab atas perilaku anaknya, anak yang kurang mendapatkan nasehat dan motifasi dari orang tua kerapkali terjerumus ke dalam perilaku jahat.

Hal ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menyelesaikan masalah amoral tersebut. Melalui pemerintahan Jokowi kita berharap bisa menuntaskan aksi kriminalitas yang dilakukan remaja di metropolitan.

Selain itu, parlemen sekarang ini dan parlemen yang akan datang (pemilu 2014) serius dalam menyelesaikan masalah remaja yang semakin meresahkan warga. Semoga Jakarta menjadi ibukota tanpa kriminalitas.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites