Wednesday 8 January 2014

Studi Kasus PT Sinar Sosro


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah yang maha Esa.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji bagi Allah SWT dzat yang maha mulia dan pemurah. Sebegitu banyak nikmat dan rahmat yang Allah berikan kepada hamba-Nya, semoga kita senantiasa dijadikan sebagai hamba-Nya yang patuh terhadap perintah-perintah-Nya dan selalu berusaha untuk menjauhi semua larangan-Nya. 
Shalawat serta salam mudah-mudahan senantiasa terlimpahkan kepada junjungan umat manusia Nabi besar Muhammad SAW. Atas perjuangan dan kemuliaan beliau kita semua dapat terbimbing dan berada pada jalan yang penuh ridha dan berkah. 
Segala puji dan puji hanya milik Allah SWT, Tuhan penyeru segenap alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terhingga besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Studi Kasus: Rahasia dibalik Kesuskesan PT Sinar Sosro”. Dalam penyusunan makalah “Studi Kasus: Rahasia dibalik Kesuskesan PT Sinar Sosro”, penulis mndapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.







DAFTAR ISI











BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

            PT. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh yang siap minum pertama di Indonesia yang dikemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.
Persaingan yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Berdasarkan data PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam kemasan botol yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Joy Tea, TEBS, S-tee, Fres Tea, Tekita. Selain itu, ada produk pendamping lainnya yaitu Happy Jus dan Air Minum Mineral Prim-A.
Sosro melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh meminum teh dalam kemasan botol dan dengan disajikan dingin. Karena pada awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk meminum teh yang disajikan panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan sosro membuahkan hasil baik, sehingga sosro di kenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran. Dalam perkembanganya untuk bersaing dengan kompetitor sosro mulai melakukan kampanye bahwa  dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh mengandung anti oksidan hal ini menambah keunggulan kompetitif dari sosro.




1.2 Manfaat dan Tujuan Makalah.

Tujuan :
·         Untuk mengetahui sejarah PT. Sinar Sosro.
·         Untuk mengetahui ragam jenis produk PT. Sinar Sosro
·         Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam perusahaan Sosro
·         Untuk mengetahun prestasi PT Sianr Sosro
Manfaat :
·         Mengetahui pricing strategy dari Perusahaan Sosro
·         Mengetahui segmen pasar yang digunakan oleh PT. Sinar Sosro.
·         Mengetahui produk andalan dari PT. Sinar Sosro
Metode Penulisan :
·         Media Internet












 

BAB II PEMBAHASAN

2.1.Sejarah Sosro Produk Teh dalam Negeri

Sosro adalah produk teh buatan dalam negeri. Fakta ini menjadi hal yang membanggakan karena hanya ada segelintir produk asli Indinesia yang mampu mengalahkan kapitalis luar negeri. Menjadi raja dinegeri sendiri, dan sosro adalah salah satunya.
Tidak banyak yang tahu bahwa merek sosro merupakan dari singkatan nama keluarga pendirinya, yakni Sosrodjojo ia mulai merintis usaha pengadaan minuman pada tahun 1940 di Silawi sebuah kota kecil di Jawa tengah. Ketika itu sosrodjojo menjual teh wangi melati bermerek cap botol. Jadi bukan merek sosro separti saat ini.
Seiring bertambahnya usia ekspansi dunia usaha pun dilakukan. Setelah selama belasan tahun wara-wiri didaerah seputaran jawa, pada tahun 1953 teh merek cap botol (belum bermakna sosro) mulai merambah ke ibu kota, Jakarta.
Untuk menarik perhatian warga ibu kota dan mempromosikan rasa teh merek cap botol dilakukan tenik unik yang ketika itu belum lazim dilakukan. Teknik tersebut dinamakan Strategi Promosi Cicip Rasa. Yakni pihak dari teh merek cap botol mendatangi tempat-tempat keramaian mengumpulkan orang-orang dan memberikan gratis teh wangi melati yang menjadi cikal bakal teh botol sosro.
Dari teknik unik yang sekarang dikenal tenik sampling tersebut, warga ibu kota mulai familiar dengan teh beraroma melati cap botol. Dalam perkembangan selanjutnya, teh yang belum menggunakan nama merek sosro itu, di simpan dalam wadah berupa boto-botol bersih bekas limun atau kecap sebelu dinikmati. Jika ada pembeli maka teh yang sudah jadi minuman siap saji tersebut tinggal di tuangkan dalam cangkir atau gelas dam bisa segera dinikmati.
Tahun 1969 lahir lah gagasan revolusioner untuk manjual air teh siap minum yang dimasukkan kedalam botol. Nama mereknya adalah Teh Botol Sosro. Diambil dari nama belakang SosroDjojo. Merek anyar ini diharapkan dapat mengenjot keuntungan merek teh sebelumnya(Teh beraroma melati cap botol). Suatu hal yang terbukti jadi kenyataan. Kini, sosro jadi merek teh siap minum terkenal dan terlaris di Indonesia.
Setahun kemudian(1970) diperkenalkan desain botol pertama yang bertahan hingga dua tahun(1972). Selanjutnya di keluarkan kembali desain kedua yang  juga hanya bertahan selama dua tahun. Entah apa yang menyebabkan desain-desain dari teh botol sosro9 cendrung bertahan tidak lama.
Barulah tahun 1974 bersamaan dengan didirikan PT.Sinar Sosro, pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia bahkan dunia, desain ketiga dari teh botol sosro bertahan hingga sekarang.
3botololdid.jpg

2.2. Profil Perusahaan

Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak Tanggal 27 November 2004, PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso) yang berkantor Pusat di :

Gedung Graha Rekso
Jl. Boulevard Artha Gading Kav A1
Sentra Bisnis Artha Gading –
Kelapa Gading - Jakarta Utara, 14240
PT. SINAR SOSRO
http://www.sosro.com/images/kantor-sosro.jpgBerdiri pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol
yang pertama di Indonesia dan di dunia.

Dasar atau Filosofi PT. Sinar Sosro adalah Niat Baik yang di jabarkan dalam 3K dan RL yakni :
Peduli terhadap KUALITAS
Peduli terhadap KEAMANAN
Peduli terhadap KESEHATAN
Serta RAMAH LINGKUNGAN

Keterangan untuk produk PT. Sinar Sosro :
Teh botol Sosro menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir (dikenal dengan teh wangi).
Fruit Tea menggunakan bahan baku yakni : air, gula industri, teh hitam dan konsentrat sari buah asli.
Joy Tea Green menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau.
Bahan baku teh untuk produk-produk PT. SINAR SOSRO disuplai oleh PT. GUNUNG SLAMAT, sedangkan bahan baku teh tersebut dikelolah oleh PT. AGRO PANGAN selaku sister company. Bahan baku teh untuk PT. Sinar Sosro berasal dari:
Perkebunan Teh Gunung Rosa di Cianjur
Perkebunan Teh Gunung Manik di Cianjur
Perkebunan Teh Gunung Cempaka di Cianjur
Perkebunan Teh Gunung Satria di Garut
Perkebunan Teh Daerah Neglasari di Garut
Perkebunan Teh Daerah Cukul di Pangalengan
Perkebunan Teh Daerah Sambawa di Tasikmalaya
http://www.sosro.com/images/peta-perkebunan.jpg
Kesegaran, rasa serta higinitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas.


PT. SINAR SOSRO berkantor pusat di :

Gedung Graha SOSRO
Jl. Sultan Agung Km. 28 Kelurahan Medan Satria Bekasi 17132

2.3. Pricing Strategy

            Dalam pricing strateginya, sosro menerapkan Demand Oriented Pricing Method atau metode penetapan harga yang berorientasi pada permintaan, dimana sosro tidak membebankan harga yang terlalu tinggi untuk sebuah produk minuman pelepas dahaga, akan tetapi dengan harga yang ekonomis. Dengan harga tersebut, volume permintaan konsumen akan besar, sehingga dengan margin yang kecil dikalikan dengan banyaknya volume penjualan yang mereka terima, maka keuntungan secara keseluruhan akan besar.
            Pada level dister, harga yang diberikan PT. Sinar Sosro ( pabrik ) untuk produk Teh Botol Sosro adalah Rp 16.900,00/krat. Level subwholesaller, mereka mengambil dari dister di kisaran Rp 17.300,00. Di level pengecer dengan patokan harga dari agen Rp 18.000,00/krat, mereka bisa mengambil keuntungan 100% atau bahkan lebih, karna bisa menjual Rp 36.000,00/krat ( Rp 1.500,00/botol ). Untuk pengecer mereka pun bisa mengambil langsung ke pabrik atau KP, dengan pricing yang sama yaitu Rp 18.000,00/krat.







2.4. Customer Segments

 
Customer Segment dari Teh Susu Sosro saat go international nanti tentu saja adalah semua orang dan especially para penggemar Teh.  Jadi para penggemar teh di seluruh dunia nanti ga perlu takut kehabisan atau ga bisa merasakan teh susu traditional yang enak.. karena ada Teh Susu Soro, the new thing for you.

2.5. Cost Structure


Cost paling besar akan dikeluarkan untuk keperluan promosi produk2 baru Teh Susu Soro, dan tentu saja karena baru jadi cost promotion akan membengkak, Marketing Cost juga termasuk di promotion cost. Segala biaya dalam bidang pembuatan dan distribusi juga akan mempengaruhi cost structure karena membutuhkan biaya cukup besar untuk membuat dan mendistribusikan produk ke retail-retail store.

2.6. Revenue

Pemasukan akan berasal dari penjualan-penjualan produk Teh Susu Sosro dari Teh Botol Sosro dan akan meningkat setiap tahunnya pada tahun-tahun berikutnya. Termasuk pemasukan dari iklan dan sponsor yang menggunakan produk dari Teh Susu Sosro.

2.7. New Innovation

Sebelum go international, Teh Botol Sosro harus melakukan beberapa innovasi. innovasinya adalah dengan membuat produk baru, yaitu Teh Susu. Teh Susu ini terbuat dari bahan2 teh tradisional yang dicampur dengan susu, jadi Teh Botol Sosro akan menjadi pembuat Teh yang berimagekan bahan-bahan traditional indonesia. Dengan bahan tradisional Teh dan Susu kalau begini, Indonesia juga bisa makin terkenal akan Teh tradisionalnya di dunia.

Lalu nanti di setiap tempat makan di dunia, para pelanggan selain bisa membeli Teh botol Sosro, mereka juga bisa membeli langsung Teh botol Sosro yang sudah dicampur dengan Susu menjadi Teh Susu Sosro.

2.8.Ragam – Ragam Jenis Produk Sosro

all-products4.jpg
            Jika kita terbiasa meminum teh botol sosro kemudian menganggap hanya itu produk minuman dari PT. Sinar sosro maka anggapan itu salah. selain teh botol sosro, perusahaan itu punya beragam produk selain TBS. Baik itu berupa yang teh siap minum dalam kemasan maupun teh kering siap saji.
            Produk teh siap minum dalam kemasan adalah teh botol sosro, fruit tea sosro, joy tea green sosro, tebs, happy jus dan air minum prim-a. Sedangkan nama minuman seperti teh celup sosro, teh cap botol, teh poci, teh trompet, teh sadel, teh sepatu dan teh berko. Merupakan produk minuman dari teh siap saji.
            Bahan baku dari produk tersebut diambil dari pegunungan teh terbaik yang tersebar di daerah cianjur, garut, pegalengan serta tasikmalaya. Menawarkan kualitas teratas dalam rasa dan kesegaran. Sehingga menjadikan sosro sebagai raja minuman teh kemasan di indonesia.

2.9. Sosro Dekat di Hati

Keberadaan teh botol sosro telah diterima dengan sangat baik oleh konsumen teh kemasan di Indonesia. Jika di tanyakan apa nama teh botol yang di ketahui, sebagian besar masyarakat akan menjawab teh botol sosro. Selain rasa nya yang enak dan mempunyai aroma khas, merek teh botol sosro juga jadi jaminan produk yang berkualitas. Tidak perlu diragukan.
Namun, ketika pertama kali teh botol sosro diperkenalkan ke[ada konsumen minuman di Indinesia, respon mereka cendrung negatif. Tidak banyak yang melirik, apalagi sampai membelinya sosro diambang kegagalan apabila kondisi tersebut tidak berubah.
Menikmati pada waktu santai dipagi atau petang hari. Benar-benar aka merasa janggal bila di minum menggunakan kemasan. Apa lagi teh botol sosro sebagiannya ditawarkan dalam kondisi dingin. Soro pun dianggap menantang kecendrungan pasar.
Tentunya cara penjualan teh botol sosro seperti ini bukan tanpa risiko. Bahkan resikonya sangat besar yakni kegagalan. Tak cukup hanya bermodalkan nyali, tapi juga harus ditopang dengan visi pejualan jauh kedepan. Melihat sesuatu yang tak terlihat oleh banyak orang (see in the beyond of reality). Termasuk meruskan strategi itu dalam merubah kebiasaan masyarakat Indinesia dalam meminum teh.
Pemilihan pasar(kelompok konsumen) yang tepat manjadi kunci keberhasilan penjualan sosro. Pasar atau koinsimen yang dituju pada awalnya adalah mereka yang ada di perjalanan atau sedang berpergian dan terjabak pada kondisi panas, seperti sopir, pengendara kendaraan atau pejalan kaki.
Kelompok konsumen ini diperkirakan membutuhkan minuman segar dan praktis sifatnya. Maka hadirlah teh botol sosro dalam bentuk kemasan yang dijual dalam kondisi dingin.
Teh botol sosro pun dijual di kios-kios sepanjang jalan, pasar dan teminal. Tujuannya jelas, memudahkan calon konsumen bila membutuhkan  minuman segar ketika dalanm perjalanan. Untuk iti teh botol sosro dijual dalam boks-boks es karena saat itu penggunaan lemari es sebagai wadah penyimpanan minuman dingin belum lazim dipakai.
Butuh waktu, keuletan dan kesabaran dalam membandingkan merek teh botol sosro sebagai minuman teh kemasan. Tantangan terberatnya adalah merubah paradigma sebagian besar masyarakat Indonesia yang terbiasa meminum ter di dalam cangkir dengan diseduh. Beragam promo atau iklan di media senantiasa digancarkan. Ini bertujuan bukan hanya mamperkanalkan teh botol sosro tapi juga sebagai cara mengedukasi masyarakat agar terbiasa meminum teh dalam kemasan.
Upaya dari sosro akhirnya berbuah manis. Kini teh botol sosro leading(memimpin) dalam hal penjualan minuman teh kemasan. Mengalahkan kompetitor sejenis, bahkan dari luar negeri seperti pepsi dan coca-cola, kedua peerusahaan multi nasional tersebut mencoba merebut pasar dari sosro dengan menghadirkan  produk tekita dan fres tea, namun gagal. Keberadaan sosro tatap tak terganti dihati para konsumennya.

2.10. Sosro Memang Ahlinya Bisnis

Ada pemeo yang mengatakan, bisnis keluarga di tangan generasi ketiga akan menurun atau hancur. Sebab, di tangan generasi ketiga, banyak kepentingan yang mewarnai bisnis tersebut, sehingga rawan konflik dan perpecahan. Namun dalil itu tak berlaku bagi keluargaSosrodjojo, pengelola minuman kemasan Sosro.
Di tangan generasi ketiga, bisnis keluarga Sosrodjojo justru makin berkibar. Produknya yang fenomenal, Teh Botol Sosro, telah menjadi mesin uang bisnis keluarga asal Slawi Jawa Tengah ini. Setelah Teh Botol Sosro merajai pasar, keluarga Sosro pun mulai melirik bisnis lain dengan mengibarkan bendera Grup Rekso (GR) atau PT Anggada Putra Rekso Mulia yang berdiri pada November 1997.
Melalui anak usahanya,PT Asia Pasifik Properti (APP), Grup Rekso mulai merambah sektor properti. Pekan lalu,perusahaan ini berencana mendirikan resor mewah di Jimbaran Selatan, Bali,dengan nilai investasi US$ 150 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun.
Dalam pembangunan resor itu, APP telah menggandeng Jumeirah Group,perusahaan hotel mewah dunia yang menjadi bagian dari Dubai Holding Group. Menurut Sukowati Sosrodjojo, CEO Rekso Group sertaKomisaris PT Asia Pasifik Properti, Jumeirah Bali akan menjadi salah satu resor mewah terbaik di dunia. Resor ini sekaligus menjadi bagian dari Jumeirah grup yang telah mengoperasikan hotel mewah di Shanghai dan Maladewa.
GR didirikan Soegiharto, generasi kedua keluarga Sosro. Harus diakui, Soegiharto adalah motor penggerak bisnis keluarga Sosro. Pasalnya, adik dan kakak kandung Soegiharto serta keturunan mereka lebih memilih membesut bisnis masing-masing. Kendati ada saudaranya yang sama-sama membesarkan bisnis ini, kepemilikan sahamnya tidak sebesar saham milik keluarga Soegiharto.
Sekedar informasi bisnis keluarga Soesro dimulai pada 1940.Saat itu Sosrodjojomulai merintis usaha Teh Wangi Melati di Slawi, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, dengan merek teh Cap Botol. Seperti diketahui bisnisnya terus bekembang hingga saat ini.
Sosrodjojo sendiri dikarunia empat anak, yakniSoemarsono Sosrodjojo, Soegiharto, Soetjipto dan Surjanto Sosrodjojo. Dalam perjalanan waktu Soegiharto mengambil peran ayahnya sebagai leader di perusahaan keluraga ini. Soegiharto tak sendirian dalam membesarkan GR. Ia dibantu lima anaknya yang semuanya lulusan sekolah di luar negeri. Mereka adalah Peter Soekianto Sosrodjojo, Joseph Soewito Sosrodjojo, Richard S. Sosrodjojo, Kurniati Sosrodjojo dan Sukowati Sosrodjojo. Kelima anaknya itu ditempatkan Soegiharto di berbagai bisnis yang berada di bawah GR.

Peter, anak tertua, duduk sebagai komisaris di GR. Adapun Joseph didapuk sebagai Chief Executive Officer PT Sinar Sosro, produsen Teh Botol Sosro dan Teh Kotak yang menjadi tambang uang grup ini. Sementara Richard dipercaya mengelola PT Agropangan Putra Mandiri. Perusahaan yang berdiri 30 Agustus 2000 ini memiliki lima anak usaha yang mengurusi perkebunan, yakni PT Sinar Inesco, PT Cibuniwangi, PT Karya Sinar Ciguha, PT Perkebunan Gunung Rosa Djaja dan PT Perkebunan Gunung Manik.

Satu-satunya wanita di keluarga Sosrodjojo, Kurniati, mengelola PT Puri Tirta Kencana. Perusahaan termuda (berdiri pada 2004) dalam GR ini menekuni bidang yang memanjakan kaum perempuan. Bekerjasama dengan Martha Tilaar, Kuniati mengelola bisnis perawatan kecantikan dan kesegaran tubuh dengan fasilitas spa.
Adapun si bungsu Sukowati memegang PT Adhi Putra Mulia. Perusahaan ini menguasai Hotel Mercure di bilangan Hayam Wuruk, Jakarta. Selain hotel, Suko juga yang membesut PT Rekso Nasional Food yang mengakuisisi McD Indonesia pada tahun 2009. Diantara anak-anak Sosro, kiprah Suko memang lebih menonjol. Itu sebabnya,ia dipercaya oleh anggota keluarga yang lain untuk duduk di kursi CEO Rekso Group.
Masuk ke bisnis lain di luar Teh Sosro menjadi pilihan bagi kelompok usaha ini agar bisa terus tumbuh dengan bisnis-bisnis baru. Bahkan, beberapa di antaranya bisa disinergikan. Misalnya dengan menjadikan Teh Botol Sosro sebagai minuman wajib di gerai McD yang dikelola Rekso Nasional Food. Dengan demikian, GR tetap perkasa sebagai perusahaan andalan Indonesia di masa depan.
Banyak yang terkejut ketika Sukowati mulai menerjuni bisnis waralaba setelah mendapat lisensi eksklusif dari McDonald.Seiring dengan perjalanan waktu, barulah orang tahu bisnis waralaba yang kini ditekuninya itu telah menjadi penopang bisnis inti keluarga Sosrodjojo, minuman siap minum berbasis teh.
Dibawah pengelolaan PT Rekso Nasional Food, McDonald mampu berkembang dengan pesat. Terus berekspansi menambah gerai di sejumlah kota di Indonesia, kini geraiMcDonald sudah lebih dari 120.Tahun lalu, Sukowati membangun 15 gerai restoran sejap saji dengan investasi Rp 15 miliarper gerai.
Ada perbedaan mendasar antara pendiri dan generasi ketiga Sosro. Di tangan generasi ketiga, bisnis Sosro dibuat lebih bervariasi. Kombinasi pendidikan dari luar negeri dan pengalaman dari para pendahulunya membuat nama Sosro terus berkibar. Hanya satu tradisi yang masih dipegang erat oleh keluarga ini, yakni mereka menjauhi publikasi yang bersifat personal.

2.11. Sertifikat dan Awards

                Sertifikat yang telah diterima PT. Sinar Sosro:
setifikat2.jpg
1.      Sertifikat ISO 9000:2000, yaitu sertifikat system management mutu untuk menjamin kualitas pengolahan dan hasil produk
2.      Sertifikat ISO 14.000, yaitu sertifikat system lingkungan untuk menjamin keamanan lingkungan
3.      Sertifikat HALAL, yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan & Kosmetika MUI) bekerjasama dengan Departemen Agama, BPPOM dan Balai POM Daerah untuk menjamin kehalalan bahan baku, proses dan produknya
4.      Sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia), dikeluarkan oleh lembaga Sertifikasi Produk Departemen Perindustrian
5.      Sertifikasi HACCP, yaitu sertifikat system management keamanan makanan untuk menjamin produk yang aman bagi konsumen.
6.      Sertifikat HIGIENE and SANITARY, sebagai salah satu persyaratan untuk eksport yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat & Makanan.

Untuk Awarding yang telah diperoleh oleh PT. SINAR SOSRO diantaranya :
 
Tahun 2009 :
1.
http://www.sosro.com/images/awards/award-2009.jpgTop Brand Award untuk “Tehbotol Sosro For Ready To Drink Tea-Non Bottle (Tetrapack) dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting

2.
http://www.sosro.com/images/awards/award-2009-2.jpgTop Brand Award untuk “Fruit Tea Sosro For Ready To Drink Tea-Non Bottle (Tetrapack)” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting

Tahun 2008 :
1.
Top Brand Award untuk “Tehbotol Sosro” dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting

2.
Indonesian Best Brand Award for 3 Consecutive Years (2006-2008) untuk “Teh Botol Sosro”, Product Category Packaged Ready Drink dari SWA-MARS

3.
Indonesian Best Brand Award for 7 Consecutive Years (2002-2008) untuk “Teh Botol Sosro”, Product Category Non Carbonated Drink dari SWA-MARS

4.
The Most Wonderful Distribution Performance 2008 , Second Place In Green Tea Category untuk Brand Joy Tea

5.
The Best in Achieving Total Customer Satisfaction untuk Teh Botol Sosro, Category Ready To Drink Tea – Non Bottle dari ICSA 2008
Tahun 2007 :
1.
Indonesia Best Brand Award 2007 untuk “Teh Botol Sosro For Sustained Success Abd Continued Achievment Of IBBA For 5 Years (2003-2007) dari SWA-MARS

2.
In Non – Carbonated Drink Category” dari SWA-MARS Indonesia Best Brand Award 2007 untuk “Teh Botol Sosro As The Most Valuable In Packaging The Category” dari SWA-MARS) dari SWA-MARS

3.
The Best Client to PT. SINAR SOSRO dari JC&K Advertising

4.
The Best In Achieving Total Costumer Satisfaction To Teh Botol Sosro Category :Ready To Drink Tea – Bottle dari ICSA 2007

5.
The Best In Achieving Total Costumer Satisfaction To Teh Botol Sosro Category :Ready To Drink Tea – Non - Bottle dari ICSA 2007
Tahun 2006 :
1.
Indonesian Costumer Loyalty Award To PT. SINAR SOSRO Category: Non – Carbonated, Brand: SOSRO
Tahun 2005 :
1.
Indonesia Best Brand Award 2005 – Indonesia Golden Brand 2005 untuk “Teh Botol Sosro For Its Sustained and Continued Achievement Of IBBA For 3 Years (2003-2005) In Non – Carbonated Drink Category” dari SWA – MARS

2.
Indonesia Best Brand Award 2005 untuk “Teh Botol Sosro As The Most Valuable In Non – Carbonated Drink Category” dari SWA-MARS

3.
Packaging Consumer Branding Award 2005 GOLD To Teh Botol Sosro For Excellence Achieved In Branding, Design, Merchandising And Technical Printing (Product Category Tea : Bottle) From Indonesia Brand Indentity Summit
Tahun 2004 :
1.
The Best In Achieving Total Customer Satisfaction untuk Teh Botol Sosro (Kategori Botol) dari ICSA

2.
Indonesia Best Brand Award 2004 untuk “Teh Botol Sosro As The Most Valuable In Non Carbonated Drink Category” dari SWA-MARS

3.
Indonesia Best Brand Award 2004 untuk “Fruit Tea As The Most Potential Brand In Non –Carbonated Drink Category” dari SWA-MARS

4.
Indonesia Best Brand Award 2004 untuk Sosro sebagai The Best Brand in Beverage Category dari SWA-MARS

5.
Penghargaan untuk being guest speaker at The Dell|EMC Launch “CX 300, CX 500, CX 700” dari DELL| EMC²

6.
Penghargaan Merk Dagang Indonesia 2004
Tahun 2003 :
1.
Superbrands untuk SOSRO Ahlinya Teh 2003-2004

2.
Indonesia Best Brand Award 2003 untuk “Teh Botol Sosro As The Most Valuable In Non Soda Soft Drink Category” dari SWA-MARS
Tahun 2002 :
1.
Obligasi Terbaik 2002 untuk PT. SINAR SOSRO dari Majalah Investor

2.
Indonesia Best Brand Award 2002 untuk “Teh Botol Sosro As The Most Valuable In Non Soda Soft Drink Category” dari SWA – MARS
Tahun 2001 :
1
Experiential Marketing & Emotional Branding Champion 2001 untuk Teh Botol Sosro dari EXEM 2001

BAB III PENUTUP

3.1. Kesimpulan

            Dalam hal pricing manajemen, teh botol sosro dijual dengan harga ekonomis dibanding dengan kompetitor atau pesaing lainnya, dan harga seragam disetiap daerah. Sosro telah dianggap sebagai produk minuman yang general, untuk suasana dan siapapun konsumennya, dimanapun, yang terbukti dengan tagline “apapun makanannya, minumnya tetap teh botol sosro”. Sosro menerapkan metode on demand orientation sehingga walaupun permintaan konsumen akan besar, sehingga dengan margin yang kecil dikalikan dengan banyaknya volume penjualan yang mereka terima, maka keuntungan secara keseluruhan akan besar
Dikarenakan Teh Susu juga sangat digemari oleh banyak para penggemar teh di seluruh dunia. Jika Teh Botol Sosro dapat membuat innovasi baru dengan mencampur Susu di dalam kemasan produknya maka selain go international Teh Susu Sosro juga dapat memonopoli Pasar Dunia.

3.2 Saran

            Saran kami untuk PT. Sinar Sosro adalah untuk bisa memperluasakan dagangannya ke luar negeri. Hal ini melalui ekspor, waralaba, lisensi. Selain itu perusahaan ini juga harus membuat program sosial, misalkan beasiswa untuk yatim, fakir, miskin, dan siswa-siswi/mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di Indonesia



DAFTAR PUSTAKA


3 comments:

min ini ada softcopy nya ga? saya minat dong min

Habis copy paste fontnya dirapihkan lagi, spacing jg dirapihkan lagi, isinya terlalu banyak yang asal comot dari internet, analisanya kurang banyak, judul bab 2 pembahasan tapi isinya lampiran semua tidak ada pembahasan

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites